Pages

Minggu, 06 Juni 2010

Proses Penciptaan knowledge

Berdasarkan pemikiran dan hasil studi dari Szulanski, 1999 yang mendiskusikan mengenai permasalahan dalam proses pengalihan knowledge dari orang/kelompok ke orang lain/kelompok lain, serta pengamatan empiris dari KM dalam proses penciptaan knowledge, maka dapat disampaikan sebagai berikut:

  1. akses pada informasi: diketahui bahwa kemampuan penciptaan knowledge organizational bergantung pada kemampuan semua individu dalam organisasi untuk dapat akses pada gagasan, informasi dan pengalaman karyawan lain, atau pihak luar organisasi.
  2. refleksi atas tindakan masa lalu: seperti kita ketahui bersama bahwa kemampuan penciptaan knowledge organisasi juga bergantung pada evaluasi pengalaman masa lalu oleh karyawan, yang menyebabkan peningkatan pemahamannya atas bagaimana suatu kejadian dan akibat pengalaman masa lau bermanfaat pada masa kini รจ pada aspek ini peran kemungkinan untuk terjadinya refleksi melalui pemberian induksi berupa informasi pengalaman pihak lain, proses merekonstruksi perpektif, keputusan, dan pengalaman selama ini.
  3. kemampuan menyerap : kemampuan ini mengasimilasikan knowledge baru bergantung pada kenyataan apakah individu-individu telah memiliki knowledge yang berkaitan dengan knowledge yang baru diterima,sehingga memungkinkan mereka untuk memahami dan menyerap knowledge baru.
  4. kemampuan belajar : rekombinasi produktif yang terjadi di organisasi bergantung pada kemampuan karyawan belajar dari perubahan-perubahan dan knowledge yang telah dikembangkan oleh karyawan dalam organisasi.Bila karyawan terus menerus belajar dan selalu mengikuti perubahan-perubahan teknologi atau knowledge baru.
  5. persepsi bahwa kegiatan pertukaran dan kombinasi knowledge adalah berharga, tidak semua peneliti atau karyawan aktif mencari informasi baru, bahkan informasi yang tersediapun belum tentu dibaca, maka bila peneliti atau karyawan menggunakan informasi yang dapat diakses, maka peneliti/karyawan harus percaya bahwa sesuatu yang berharga akan dihasilkan dari upayanya mengkombinasikan dan mempertukarkan knowledge.
sumber: http://www.penuliskomputer.com/penerapan-kbs-untuk-km-di-litbang/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar