Pages

Minggu, 06 Juni 2010

Memanfaatkan Toko Online Gratis

Perkembangan teknologi informasi terasa begitu cepatnya. Bahkan banyak yang berpendapat kalau sampai tidak mengenal internet apalagi facebook, blog dan sebagainya sama saja dengan kuper atau kuno. Benarkah begitu? Cukup Anda jawab sendiri saja.

Lalu kaitannya dengan judul saya apa? Toko biasa identik dengan bisnis konfensional atau bisa dsebut juga bisnis offline. Nah, saya sudah bahas tadi diatas kalau teknologi berkembang dengan sangat pesat. Jika Anda ingin bersaing di era globalisasi dan era digital ini makan salah satu hal yang perlu Anda cermati adalah perkembangan teknologi informasi. Salah satunya adalah mengonlinekan bisnis offline Anda.

Ketika saya bercertita dengan beberapa teman dekat yang kebetulan memiliki bisnis offline mereka seakan-akan tidak yakin dengan bisnis internet. Banyak faktor yang meyebabkan mereka tidak yakin. Diantaranya adalah mereka tergolong awam dengan hal-hal berbau internet. Kemudian mereka tidak biasa menggunakan internet. Dan ada juga yang berasalan bahwa belum tentu produk yang mereka jual akan laku di internet.

Sebernarnya saya tidak bermaksud meminta mereka 100% mengalihkan toko mereka ke toko online. Tapi saya saya maksudkan adalah menambah faktor kali dari bisnis mereka dengan menggunakan toko online. Cukup menggunakan toko online gratis saja.

Kenapa Anda perlu mengonlinekan bisnis offline Anda?

  1. Calon konsumen tidak terbatas. Bisa dari seluruh Indonesia bahkan bisa dari luar negeri.
  2. Biaya relatif murah. Jika dibandingkan dengan membuka toko offline Anda tidak perlu membayar tagihan listrik atau membangun pondasi toko dengan biaya jutaan.
  3. Sebagai faktor kali bisnis. Toko offline Anda laris ditambah dengan toko online Anda akan menjadikan salah satu faktor kali kesuksesan bisnis Anda.
  4. Sistem pembayaran fleksibel. Bisa menggunakan transfer bank atau menggunakan sarana pembayaran internet seperti PayPal.
  5. Dan masih banyak lagi manfaat dari toko online.

“Tapi mas kalau gratisan biasanya kan fasilitas terbatas!” . Tidak semua yang gratis itu bagus, tapi tidak bisa disamaratakan bahwa yang gratis tidak bagus semuanya.Jika Anda pernah mencoba untuk mencari tahu biaya untuk membuat sebuah toko online, maka biayanya diatas Rp500.000 bahkan hingga jutaan. Dan ada juga yang menggunakan siste sewa toko. Jadi Anda memabayar biaya bulanan. Oke kita ambil studi kasus dari dua website penyedia toko online gratis.

Kalau kita cerdas dan cermat sebenarnya kita bisa memanfaatkan fasilitas toko online gratis yang saat ini sudah banyak dan bisa kita temukan dengan mudah di internet. Dua webiste penyedia toko online tersebut adalah www.Kassa9.com dan www.DinoMarket.com. Saya bukan bagian marketing dari kedua website tersebut Tapi saya berusaha membuka mata Anda bahwa dengan memanfaatkan fasilitas atau resources gratis di internet, Anda bisa melipatgandakan keuntungan bisnis Anda.

sumber:http://www.penuliskomputer.com/memanfaatkan-toko-online-gratis/

Kita ambil contoh www.DinoMarket.com. Saya beberapa waktu yang lalu sempat mencoba fasilitas dari www.DinoMarket.com dan memang sangat bagus sekali. Dan tidak kalah dengan fasilitas toko online jika Anda memesan melalui developer website.Begitu pun dengan www.Kassa9.com. Di www.Kassa9.com bahkan formatnya seperti gabungan toko online dan sebuah blog. Jadi selain memajang produk, Anda juga bisa memasukkan artikel-artikel yang berhubungan dengan produk Anda. Menarik bukan? ;)

Berikut adalah fasilitasnya :

  • Fasilitas chat langsung dengan costumer,
  • Anda bisa memajang banner di toko online Anda,
  • Themes atau tampilan toko yang elegan,
  • Anda akan mendapatkan sub-domain www.namadomain.dinomarket.com,
  • Bisa memasukkan gambar & video produk,
  • Bisa menuliskan artikel,
  • Friendly user,
  • dll.

Bisa kita ambil kesimpulan bahwa toko online gratis pun tidak kalah dengan toko online berbayar. Anda bisa memanfaatkan toko online gratis di internet untuk mengembangkan bisnis offline Anda. Anda mempunyai counter handphone, punya toko distro, jualan gadget, laptop, dan apapun produk Anda manfaatkan toko online sebagai salah satu faktor kali kesuksesan bisnis Anda.

Apa Anda harus menutup toko offline kemudian memindahkan semua dagangan ke toko online? Saya jawab TIDAK! Justru dengan memanfaatkan internet, sekali lagi, akan menjadikan faktor kali dari bisnis Anda. Ketika toko online dan toko offline dijadikan sebagai sarana untuk memajang produk Anda, maka sesungguhnya Anda telah memperlebar sayap bisnis Anda.Dimana toko offline Anda sudah mempunyai pelanggan tetap, kemudian toko online Anda memiliki calon costumer dari segara penjuru tanah air bahkan penjuru dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar