Pages

Selasa, 05 Januari 2010

Materi Manajemen Resiko

Tugas Soft Skill: Manajemen Proyek dan Risiko
By: Ayu

MANAJEMEN RESIKO

AYU NURVIA


  • DEFINISI RESIKO
Resiko dalam suatu proyek dapat didefinisikan sebagai suatu penjelasan terhadap akibat yang tidak menguntungkan, secara finansial maupun fisik, sebagai hasil dari keputusan yang diambil atau akibat kondisi lingkungan di lokasi suatu kegiatan:

1. Kejadian yang sering terjadi pada event tertentu atau factor yang terjadi selama proses konstruksi untuk merusak proyek ( Faber, 1979).
2. Kurangnya atau lemahnya prediksi tentang struktur yang akan terjadi atau konsekuensi dari keputusan atau situasi perencanaan (Hertz & Thomas, 1983).
3. Hubungan yang tidak pasti dengan perhitungan pengeluaran, ada kesempatan agar hasil lebih baik dari yang diduga seperti juga hal yang lebih buruk dari yang diperkirakan (Lifson & Shaifer, 1982).

Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa risiko adalah suatu kondisi yang timbul karena ketidakpastian dengan peluang kejadian tertentu yang jika terjadi akan menimbulkan konsekuensi tidak menguntungkan Selain itu, resiko adalah bagian penting yang harus diketahui dalam suatu pelaksanaan terhadap manajemen resiko karena resiko adalah akar teori dan permasalahan untuk mengembangkan teknik-teknik dan analisa dalam menanggulangi resiko tersebut.



Referensi:
http://anehbinunik.blogspot.com/2009/06/10-kota-mati-erseram-di-dunia.htm


Tidak ada komentar:

Posting Komentar