Pages

Kamis, 30 Desember 2010

Tulisan Bahasa Indonesia 4

Akibat Buang Sampah Sembarangan.
Oleh : Ayu Nurvia.L

Sampah adalah semua material yang dibuang dari kegiatan rumah tangga, perdagangan, industri dan kegiatan pertanian. Sampah yang berasal dari kegiatan rumah tangga dan tempat perdagangan dikenal dengan limbah.

Sampah dapat dibedakan menjadi dua yaitu:

1.Sampah Organik:sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan, sayuran, daun-daun kering, dan sebagainya. Sampah ini dapat diolah lebih lanjut menjadi kompos atau pupuk.Yang berguna bagi tumbuhan maupun tanaman hias dan bunga.

2.Sampah Anorganik, yaitu sampah yang tidak mudah membusuk, seperti plastik tempat pembungkus makanan, kertas, plastik mainan, botol dan gelas minuman, kaleng, kayu, dan lainnya. Sampah ini dapat dijadikan sampah komersil atau sampah yang laku dijual untuk dijadikan produk yang lebih berguna bagi masyarakat. Beberapa sampah anorganik yang dapat dijual adalah plastik tempat pembungkus makanan, botol dan gelas bekas minuman, kaleng, kaca, dan kertas, baik kertas koran, HVS, maupun karton.

Sampah juga berbahaya untuk kehidupan kita contohnya sampah juga menyebarkan bibit-bibit penyakit yang dapat masuk dalam tubuh kita,seperti buang sampah sembarang akan mengakibatkan banjir dan penyakitpun akan datang.
Contoh penyakit yang timbul akibat dari buang sanpah sembarangan.seperti gatal-gatal pada kulit,flu,batuk,dan lain-lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar