Pages

Selasa, 13 April 2010

USER INTERFACE MANAGEMENT SYSTEMS (UIMS).

Tugas 5 Softskill: Interaksi Manusia dan Komputer

BY: Ayu Nurvia


USER INTERFACE MANAGEMENT SYSTEMS (UIMS).

User Interface Management System (UIMS) adalah sebuah mekanisme untuk proses memisahkan bersih atau logika bisnis dari antarmuka pengguna grafis (GUI) kode dalam suatu program komputer UIMS dirancang untuk mendukung arsitektur N-tier dengan tegas menetapkan dan menegakkan batas antara logika bisnis dan GUI. Sebuah arsitektur Lunak cukup kaku hampir selalu tersirat oleh UIMS, dan paling sering hanya satu paradigma pemisahan ini didukung dalam satu UIMS. Sebuah UIMS mungkin juga memiliki perpustakaan dan sistem seperti alat berbasis grafik untuk pembuatan antarmuka pengguna sumber daya atau data toko.

Umumnya, Anda tidak dapat dengan mudah menggunakan beberapa sistem UIMS pada saat yang sama, sehingga memilih model yang tepat untuk Anda UIMS adalah keputusan desain yang kritis dalam setiap proyek. Pilihan sistem tergantung pada sistem (s) Anda ingin membuat antarmuka pengguna untuk, dan gaya umum aplikasi Anda. Sebagai contoh, jika Anda ingin membuat front end berbasis web, atau hanya sebuah aplikasi mandiri atau keduanya yang akan menjadi faktor penting dalam memilih. Jika Anda ingin menyebarkan ke Macintosh, Windows dan Linux, yang akan selanjutnya mempengaruhi pilihan Anda dari sebuah sistem UIMS. Ada banyak pendekatan UIMS dijelaskan dalam makalah penelitian. Namun, tidak ada sangat banyak sistem yang tersedia secara komersial atau melalui open source.

Adapun hal yang paling difokuskan di dalam UIMS adalah sebagai berikut :
1. Teknik pendukung untuk menanganai, mengevaluasi dan mengimplementasikan lingkungan interaksi yang sedang terlaksana.
2. Arsitektur konseptual untuk struktur dari system interaktif yang dikonsentrasikan pada pemisahan semantic aplikasi dan presentasi.
3. Teknik untuk menginplementasikan aplikasi dan presentasi secara tepisah
UIMS sebagai arsitektur konseptual.

Adapun cara bagaimana memisahkan semantic aplikasi dengan interface yang tersedia bagi user. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa mendukung pemisahan ini, seperti :
1. Portability : agar aplikasi yang sama dapat diuraikan atau dugunakan di system yang berbeda, sehingga dalam pembuatan aplikasinya sebaiknya terpisah dari interface device dependentnya.
2. Multiple Interface : untuk meningkatkan fleksibilitas aplikasi yang interaktif, serta beberapa interface yang berbeda dibuat untuk mengakses fungsi yang sama.
3. Reusability : pemisahan meningkatkan komponen untuk dapat digunakan kembali agar dapat mengurangi biaya.
4. Customization : interface user dapat didesain oleh desainer dan user untuk meningkatkan keekfetifan untuk mengubah aplikasi.

Ketika kita melakukan pemisahan, komunikasi antara keduanya perlu dipertimbangkan, ini yang disebut sebagai control dialog. Secara konseptual, ada 3 komponen utama dari system interaktif yaitu :
1. Presentasi : komponen bertanggung jawab atas tampilan interface, termasuk output dari input yang tersedia bagi user.
2. Interface aplikasi : pandangan dari semantic aplikasi yang disediakan sebagai interface.
3. Control dialog : komponen mengatur komunikasi antara presentasi dan aplikasi.

Model.
Dalam tubuh yang sering dikutip kerja, Foley dan Wallace menggambarkan suatu "model linguistik" untuk manajemen antarmuka pengguna yang terdiri dari Lapisan presentasi, sebuah Dialog Control lapisan dan lapisan aplikasi. Lapisan ini sesuai dengan leksikal, sintaksis dan semantik lapisan dari teori bahasa formal. Sementara model Foley secara teori mencerahkan, itu tidak mengusulkan suatu sistem praktis yang spesifik untuk memisahkan kode. Ada juga banyak menarik kasus perbatasan yang tidak jatuh bersih ke dalam salah satu lapisan ini.
Yang lebih langsung diterapkan teori manajemen antarmuka pengguna adalah Model-view-controller pola desain, yang digambarkan secara rinci dalam artikel sendiri. Varian baru-baru ini MVC adalah Model-view-presenter model yang mirip dengan MVC, namun memiliki beberapa wawasan menarik masalah.
UIMS juga memiliki beberapa model yaitu :
1. Model seeheim yaitu model yang dapat memasukkan aplikasi dan user dalam konteks dari system interaktif meskipun tidak secara eksplisif karena hanya memodelkan konponen logika UIMS bukan system interaktif secara keseluruhan.
2. Model MVC (Model View Controller) merupakan model yang dapat menunjukkan semantic aplikasi .
3. Model coutaz merupakan system interaktif beasitektur multi-agent, atau disebut juga dengan Presentation Aplication Control (PAC).

Ada 3 perbedaan penting antara PAC dengan MVC
a. PAC menggabungkan input dan output sedangkan MVC memisahkannya.
b. PAC menyediakan komponen eksplisit yang tugasnya melihat kekonsistenan antara abstraksi dan presentasi, sedangkan MVC tidak menugaskan ke salah satu komponen.
c. PAC tidak berhubungan dengan lingkungan pemrograman apapun, sedangkan MVC berhubungan.

Tujuan User Interface Management:
Tujuannya adalah Penciptaan suatu cara agar bisa diadakan atau diperoleh interface yang konsisten yang mempunyai "look" (rupa) dan "feel" yang sama umtuk sejumlah aplikasi yang berbeda di dalam sistem yang sama.

Contoh User Interface Management System (UIMS) :
•Apple Macintosh.
•OSF / MOTIF dari Open Systems Foundation.
•Open Look dari Sun untuk At&T.
•Windows dari Microsoft.

Bagaimana UIMS Mencapai Tujuan :
•Memberikan se-set fasilitas standar untuk penanganan dialog pemakai Misal : widgets, memberikan komponen standar dasar interface.
•Bisa digunakan oleh programmer sebagai se-set alat.
•Memberikan beberapa software standar yang mengelola cara yang digunakan oleh setiap program aplikasi untuk menggunakan interface itu.
•Se-set aturan mengatur cara tertampilnya atau cara bertindaknya berbagai fasilitas. Contoh : aturan tentang pengoperasian mouse :
Klik tunggal untuk memilih item
Klik ganda untuk mengaktifkan item
Menarik mouse dengan masih menekan tombolnya untuk memilih semua item yang dilewati oleh kursor.
•Sebagian besar UIMS kegunaan umum didasarkan pada :
- Sistem windowing.
- Memanfaatkan WIMP (Window, Icon, Menu, Pointer).















Tidak ada komentar:

Posting Komentar